Kamis, 17 Februari 2011

Selayang Pandang SDN Pulokalapa III


Pulokalapa, adalah sebuah desa yang ada di wilayah Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat, sebuah desa induk yang telah mengalami beberapa kali pemekaran menjadi desa – desa di sekelingnya, Desa Pulokalapa saat ini dikenal dengan wisata religi berupa Makam Syech Quro yang banyak dikunjungi oleh peziarah terutama pada malam sabtu hingga mendapat julukan sebagai kegiatan Saptuan.

SDN Pulokalapa III berada di wilayah Desa Pulokalapa, tepatnya di Dusun Balongsari, Dusun terakhir yang berada di sebelah Barat Desa Pulokalapa dengan jumlah penduduk dewasa yang hanya berjumlah 819 orang, dinilai wajar apabila jumlah murid yang dapat ditampung sangat ideal yaitu kurang dari 30 siswa per kelasnya.

SDN Pulokalapa III didirikan pada tahun 1982, pada masa kepemimpinan Kepala Sekolah Drs. H. Rasmo Sudiatmo. Hingga saat ini telah 12 (dua belas) orang Kepala Sekolah memimpin sekolah ini dan beberapa guru telah dating, mengajar dan bermutasi di SDN Pulokalapa III ini.

Bangunan yang ada pada masanya adalah bangunan SD Inpres seperti biasanya yang beratapkan Asbes dan berlantaikan tegel semen biasa dari tahun 1982 hingga tahun 2008 mendapat rehab total bangunan yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Karawang dan mendapati bangunan baru seperti yang tampat pada gambar yang ada di Blog ini.

Nama Sekolah telah mengalami perubahan dari kilasan perjalanan sekolah ini, mulai dari SDN Balongsari hingga sekarang SDN Pulokalapa III, sementara di Desa Pulokalapa sendiri yang berpenduduk sekitar 3964 jiwa ini ada tiga SD yang bernaung di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang yaitu SDN Pulokalapa I dan SDN Pulokalapa II.  

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More