Selasa, 08 Maret 2011

TUGAS DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH (EMASLIM)


TUGAS DAN FUNGSI KEPALA SEKOLAH (SD)

Tugas dan fungsi Kepala Sekolah Dasar meliputi :
1.        Memimpin dan membina Sekolah Dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
2.        Membina kerjasama dengan orang tua, masyarakat dan pihak terkait
3.        Memimpin dan mengkoordinasikan tenaga kependidikan dalam meningkatkan kualitas kinerja Sekolah Dasar
4.        Membagi habis tugas-tugas Kepala Sekolah kepada guru dan Staf Tata Usaha (TU), sesuai dengan tuntutan kurikulum.
5.        Melaksanakan bimbingan, pembinaan, motivasi, pengayoman kepada guru dan staf TU dalam pelaksanaan pembelajaran.
6.        Menciptakan dan mengendalikan suasana kerja yang kondusif untuk mencapai tujuan (Menyenangkan, harmonis dan dinamis)
7.        Membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi guru maupun staf Tata Usaha
8.        Mendorong untuk meningkatkan kemampuan guru dan staf Tata Usaha melalui penataran, pelatihan dan pendidikan lanjutan.
9.        Sebagai mediator antara Kepala Sekolah Dasar, Guru dan Staf Tata Usaha dalam rangka peningkatan kinerja yang setinggi-tingginya.
10.    Secara terus menerus membina dan mengevaluasi Pelaksanaan tugas guru dan Staf Tata Usaha secara obyektif
11.    Mendorong pendayagunaan sarana dan prasarana Sekolah Dasar
12.    Merencanakan dan melaksanakan penerimaan siswa baru
13.    Menyusun kegiatan ekstra-kulikuler siswa.

Fungsi Kepala Sekolah
Mengingat bahwa Kepala Sekolah sebagai Pimpinan Lembaga atau Organisasi yang bergerak dalam bidang Pendidikan, maka Kepala Sekolah pada satuan pendidikan Sekolah Dasar perlu dilihat :
1.        Sebagai Pendidik (Educator)
Sebagai Pendidik, Kepala Sekolah mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap Guru dan Tata Usaha agar ,ereka dapat tumbuh dan berkembang secara professional.
Berbagai aspek yang harus dikuasai oleh Kepala Sekolah dalam rangka menilai kinerja sekolah perlu diperhatikan beberapa aspek penilaian beserta scoring penilaiannyam yaitu menyangkut :
a.       Aspek prestasi sebagai Guru
b.      Aspek kemampuan bimbingan guru
c.       Aspek kemampuan membimbing karyawan (TU, Laboratorium, dan sebagainya)
d.      Aspek kemampuan membimbing siswa
e.       Aspek kemampuan mengembangkan staf.
Aspek kemampuan belajar mengikuti perkembangan Iptek.


2.        Sebagai Pengelola (Manager)
Sebagai Pengelola/manajer, Kepala Sekolah dapat mengamankan pelaksanaan rencana kerja yang telah disusun sebelumnya, menggerakkan semua guru dan Tata Usaha, untuk dapat bekerja optimal. Kepala Sekolah juga berkewajiban melakukan pemantauan apakah pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan rencana dan peraturan yang berlaku. Berbagai aspek yang harus dikuasai oleh Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.         Aspek Kemampuan Menyusun Program
b.         Aspek kemampuan menyusun organisasi/ kepegawaian di sekolah
c.         Aspek kemampuan menggerakan staf
d.        Aspek kemampuan mengoftimalkan sumber daya sekolah

3.        Sebagai Administrator (Pengurus)
Sebagai seorang administrator, kepala sekolah melakukan Fungsi-fungsi merancang perencanaan kegiatan sekolah, menggerakkan kegiatan melalui pemberian dorongan kepada Guru dan staf, melakukan komunikasi kepada instansi lain demi tercapainya tujuan secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala SD adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan mengelola administrasi KBM dan BK
b.      Aspek kemampuan mengelola administrasi Kesiswaan
c.       Aspek kemampuan mengelola administrasi Ketenagaan
d.      Aspek kemampuan mengelola administrasi Keuangan
e.       Aspek kemampuan mengelola administrasi Sarana/ Prasarana
f.       Aspek kemampuan mengelola administrasi Persuratan


4.        Penyelia (Supervisor)
Sebagai supervisor, seorang Kepala Sekolah harus melakukan pengawasan dan pembinaan kepada guru, khususnya berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengajar di kelas, agar berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta dapat dicapai secara efektif dan efisien.
Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan menyusun program supervisi pendidikan
b.      Aspek kemampuan melaksanakan supervisi pendidikan
c.       Aspek kemampuan memanfaatkan hasil Supervisi.

5.        Pemimpin (Leader)
Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan semua personil sekolah agar dapat melakukan tugas secara efektif. Sebagai pemimpin Kepala Sekolah juga harus berfikir menerobos batas, artinya melahirkan pemikiran-pemikiran kreatif untuk membawa Sekolah kepada kondisi yang lebih maju. Pemikiran seorang pemimpin tidak sebatas pada rencana dan aturan-aturan yang telah ada, tetapi melompat kepada perubahan – perubahan ke depan, yang kadang-kadang belum dipikirkan oleh personil sekolah lainnya. Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.         Aspek Kepribadian Yang Kuat
b.         Aspek Kemampuan Mengenal Anak Buah
c.         Aspek Pemahaman terhadap Visi dan Misi Sekolah
d.        Aspek Kemampuan mengambil keputusan
e.         Aspek Kemampuan Komunikasi

6.        Pembaharu (Inovator)
Sebagai pembaharu, Kepala Sekolah harus berfikir dinamis, Peka terhadap segala perubahan yang terjadi di masyarakat yang terjadi di masyarakat, Kepala Sekolah harus adaptif terhadap perubahan yang terjadi, sehingga mampu menyesuaikan dengan perubahan – perubahan tersebut. Dimungkinkan Kepala Sekolah menjadi pemimpin dalam Pembaharuan tersebut berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala Sekolah Dasar adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan mencari/menemukan gagasan baru.
b.      Aspek kemampuan melakukan pembaharuan di Sekolah

7.        Pengerak (Motivator)
Sebagai penggerak, Kepala Sekolah memiliki teknik yang cukup untuk dapat menggerakan dan memberikan motivasi kepada guru dan staf, agar mereka dapat dan mampu melakukan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Berbagai aspek yang harus dikuasai Kepala SD adalah sebagai berikut :
a.       Aspek kemampuan mengatur lingkungan kerja (Fisik)
b.      Aspek kemampuan mengatur suasana kerja (non fisik)
c.       Aspek kemampuan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman



Kembali Ke Halaman Utama (HOME)

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More